Top Banner Advertisement

Kondisi Sebelum Pembibitan Sawit dan Pembibitan Utama Sawit

Top Banner Advertisement
Sebelumnya telah dibahas mengenai ciri-ciri kelainan pada bibit sawit, pada infografis berikut ini akan dijelaskan pula kondisi sebelum dan setelah bibit sawit ditangani sesuai kondisi yang telah dijelaskan tersebut.
Informasi 2. Kelainan Bibit Sawit | Sumber foto : esprito.wordpress.com
Kondisi pada pembibitan sawit pada gambar dibagi menjadi dua, yakni sebelum mendapat perawatan dan apa yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan agar bibit bisa tumbuh dengan baik dan menjadi sawit berkualitas.

Pre Nursery dan Main Nursery

Bibit Melintir Bibit Tegak (Erect)
Pelepah daun melintir atau berputar. Bibit ini harus di afkir. Pelepah dan anak daun tegak dan kurang membuka. Bibit ini harus diafkir
Daun Seperti Rumput(Grass Like Leaf) Pertumbuhan Terhambat
Daun berbentuk seperti rumput. Kelainan ini sudah tampak pada pre nursery. Bibit ini harus diafkir Petumbuhan bibit yang terhambat dibandingkan bisa dibandingkan dengan bibit normal. Bibit dengan pertumbuhan terhambat perlu pemeliharaan lebih intensif dan bibit tersbut tidak perlu diafkir.
Khimera Etiolasi (Tumbuh Meninggi)
Bibit dengan kelainan pembentukan klorofil pada daun. Sebagian helaian daun berwarna kuning keputihan tanpa klorofil. Bibit ini harus segera diafkir Bibit yang mengalami etiolasi tampak tumbuh meninggi karena adanya persaingan untuk memperoleh sinar matahari. Bibit ini perlu segera diberi tempat tumbuh yang baik (beri jarak tanam yang cukup). Bibit ini tidak perlu diafkir.
Itulah beberapa kondisi sebelum pembibitan dan pembibitan utama sawit yang bisa diperhatikan saat kita akan memilih sawit pada daerah tertentu untuk dijadikan tanaman.

Top Banner Advertisement
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Pendidoks Indo
admin
January 6, 2015 at 9:56 AM ×

Informatif banget gan, tapi kayaknya yang di poster itu udah cukup menjelaskan...

Congrats bro Pendidoks Indo you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment