Top Banner Advertisement

Apa Itu Pre Nursery dan Main Nursery Pada Bibit Sawit?

Top Banner Advertisement
Dalam menentukan bibit sawit, maka harus melalui proses perkecambahan yang bisa menghasilkan bibit berkualitas dan layak tanam. Dalam setiap proses pembibitan tersebut, biasanya dianut sistem pembibitan dua tahap, yaitu pre nursery dan main nursery.

Pre Nursery (Pembibitan Awal)

Illustrasi Pembibitan Sawit Dalam Polybag | Sumber Foto : Wicaksono Blog
Pembibitan Awal (Pre Nursery) merupakan tempat kecambah tanamanan kelapan sawit (Germinated seeds) ditanam dan dipelihara hingga berumur 3 bulan. Selanjutnya, bibit tersebut akan di pidahkan kepembibitan utama (main nursery). Pembibitan pre nursery dilakukan sealam 2-3 bulan, sedangkan pembibitan main nursery selama 10-12 bulan. 

Bibit akan siap tanam pada umur 12 bulan ( 3 bulan di pre nursery dan 9-11 bulan di main nursery ). Beberapa pertimbangan yang harus terintegrasikan dalam rencanapembibitan, di antaranya biaya pembibitan pre nursery dan main nursery,transportasi menuju lokasi, kemudahan komunikasi, dan pembuatan jalan control.

Main Nursery (Pembibitan Utama)

Pembibitan Utama (Main Nursery) merupakan penempatan bibit yang sudah lepas dari kecambah, dan siap untuk ditanam. Bibit ini harus sudah siap ditempatkan pada lokasi-lokasi yang strategis, seperti halnya harus bebas genangan atau banjir dan dekat dengan sumber air untuk penyiraman. Debit dan mutu air yang tersedia harus baik.

Areal pembibitan sebisa mungkin rata atau memiliki kemiringan maksimum 5%, tempat terbuka atau tanah lapang, dan lapisan topsoilcukup tebal (25 cm). Letak lokasi main nursery dekat dengan area yang akan di tanam dan harus jauh dari sumber hama dan penyakit.

Sekilas tentang penjelasan Pre-Nursery dan Main Nursery ini akan menjelaskan pada artikel selanjutnya tentang proses dan penentuan lokasi tanam, kondisi hama dan cara menangani bibit dari ancaman hama yang bisa kapan saja menyerang.

Top Banner Advertisement
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Mahasiswa Agribisnis
admin
January 6, 2015 at 10:01 AM ×

Ane kebingungan cari pengertian pre-nursery ini gan, lumayan membantu lah walaupun belum banyak informasinya...

Reply
avatar
February 14, 2018 at 9:14 PM ×

saran gue gen sekalian cara menentukan jarak tanam

Reply
avatar
Unknown
admin
September 20, 2018 at 7:24 PM ×

Apa perbedaan prenursery dan mainnursery?

Reply
avatar
Thanks for your comment