Top Banner Advertisement

Kelainan-kelainan Yang Ada Pada Bibit Sawit

Top Banner Advertisement
Dalam melakukan pembibitan terhadap kelapa sawit, maka petani sawit akan sering menemui bibit kelapa sawit yang abnormal atau memiliki kelainan, baik karena masalah genetik, nutrisi, maupun hama dan penyakit. Dibawah ini adalah infografis mengenail gambaran bibit kelapa sawit abnormal dan cara untuk mengatasinya.
Informasi 1. Kelainan Bibit Sawit | Sumber foto : esprito.wordpress.com
Seperti yang telah dijelaskan pada gambar, maka inilah penjelasan lebih detail mengenai kelainan pada bibit sawi yang sering dialami.

Kelainan Pada Bibit Kelapa Sawit

  1. Tajuk Tidak Normal. Bibit ini ditandai dengan tajuk membulat disertai dengan bentuk pelepah yang pendek atau bengkok. Maka kita harus merawat bibit ini dengan cara diafkir (dirawat dan diluruskan).
  2. Bibit Kerdil. Bibit ini ditandai dengan kondisi yang tampak pendek, biasanya juga diikuti dengan susunan anak daun yang rapat. Maka kita harus merawat bibit ini dengan cara diafkir (diperbaiki dan diluruskan).
  3. Daun Tidak Membuka. Bibit dengan daun membuka tidak sempurna. Ujung anak daun lengket satu sama lainnya. Kondisi bibit ini tidak akan pulih. Bibit harus di afkir.
  4. Bibit Berputar. Bibit ini ditandai dengan pertumbuhan memutar yang tidak balik/tidak kembali ke posisi normal. Bibit harus diafkir.
  5. Daun Pendek dan Lebar (Sort and Broad Leaf). Bibit seperti ini perlu diamati dengan baik, jika bibit ini tidak kembali tumbuh secara normal maka bibit ini harus segera diafkir juga.
  6. Antraknosa (Antracnose). Bibit terserang jamur Antracnose. Daun akan tampak mengering dari ujung pelepah. Bibit yang terserang jamur tersebut pada stadium ringan masih dapat disembuhkan.
  7. Plasmolisis (Kategori Antraknosa). Bibit yang mengalami plasmolisis akibat pemberian pupuk yang masih berada dipermukaan tanah di polibag. Berikan penyiraman yang cukup.
  8. Bercak Daun Curvularia. Bibit yang terserang Curvularia pada tingkat beras harus segera diafkir.
Itulah beberapa kelainan yang ada pada bibit sawit, dan selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara menangani kondisi sebelum dan setelah diobati. Dalam artikel akan dibahas juga kondisi sebelum dan sesudah tanaman sawit mengelami perawatan dari kelainan dan pengaruh hama penyakit.


Top Banner Advertisement
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Pencari Ilmu
admin
January 6, 2015 at 10:02 AM ×

Infografis itu udah cukup mewakili gan, tapi enggak apa-apa lah bisa langsung dijadikan referensi. :)

Congrats bro Pencari Ilmu you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment